Review Mavo Khan Restaurant : Tawarkan Sajian Otentik Pakistan di Ampel Surabaya, Ternyata Begini Rasanya!



Nama Restoran: Mavo Khan Restaurant (MKR)

Lokasi : Jl. KH Mas Mansyur No.144B, Surabaya

Harga : Rp. 65.000 (MKR Special Nasi Plater 5 Rasa Daging Bakar)

Nilai : 3,5 / 5

Recommended : Yes

Come again : Yes


Mavo Khan Restaurant atau yang biasa disingkat dengan MKR adalah rumah makan yang menyediakan hidangan asli dari Pakistan, sebuah negara Islam yang berbatasan dengan India. Terletak di kawasan Ampel Surabaya yang terkenal dengan wisata religinya, Nasi Uzbek adalah masakan yang hampir selalu dipromosikan sebagai signature dish di Instagram resmi MKR. Kalau melihat dari fotonya, Nasi Uzbek adalah semacam nasi berbumbu dengan taburan kismis, cenderung mirip dengan varian nasi dari negara-negara Arab lainnya seperti Nasi Kabsah dan Nasi Mandhi, yang telah aku coba disini

Pemilihan lokasi restoran ini juga bisa dibilang presisi secara orang Surabaya yang mau cari makanan Arab biasanya akan mampir ke Ampel. Di sekitarnya pun ada banyak sekali tempat makan serupa yang menyajikan masakan-masakan dari Timur Tengah, termasuk yang gerobakan.

Aku tentu tertarik untuk mampir karena penasaran ingin mencoba masakan dari Pakistan. Dulu pernah mencoba sajian vegetarian dari negara tetangganya, India, di Sarinah, Jakarta, yang bisa dibaca disini. Aku juga pernah menyantap hidangan dari Arab misalnya nasi kebuli disini. Jadi sekarang bertanya-tanya seperti apa masakan Pakistan yang memiliki tampilan mirip dengan nasi Arab namun bertetangga dengan India yang terkenal dengan karinya yang memiliki rasa yang kuat. Bakal lebih condong ke citarasa Arab atau India?

Hari itu, aku datang dengan naik bus dan mesti jalan kaki lagi melewati sebuah pasar yang masih ramai dengan transaksi jual-beli. Mavo Khan Restaurant terletak tidak jauh setelah aku berhasil melewati gang itu dengan semua hiruk-pikuknya, terletak di tepi jalanan besar. Tepatnya di dekat minimarket lokal, MKR adalah sebuah restoran berukuran sedang dan memiliki dua lantai. 

Aku memilih duduk di lantai satu karena dekat dengan wastafel untuk mencuci tangan. Sayangnya, asap pemanggangan dagingnya sangat kuat disini. Saat disodori daftar menu, aku memilih MKR Special Nasi Plater 5 Rasa Daging Bakar yang memang cukup pricey tapi dalam satu piring, selain bisa menikmati Nasi Uzbek, juga bisa mencicipi banyak varian daging yang mereka tawarkan. 

Setelah beberapa lama, akhirnya nasi plater spesial dengan lima jenis daging ini datang. Ini dia tampilannya guys:


Terdiri dari satu piring Nasi Uzbek, lima jenis daging bakar berbagai ukuran, satu porsi kecil saus kacang dan satu gelas mini chai masala (free).

Setelah disantap, bagaimana review MKR Special Nasi Plater 5 Rasa Daging Bakar dari Mavo Khan Restaurant yang terletak di Ampel, Surabaya?

Menurutku Nasi Uzbek rasanya mirip dengan Nasi Kabsah meski sedikit lebih berminyak. Bumbunya juga benar-benar mengingatkanku dengan masakan Arab hanya saja disini sedikit kurang kuat taste-nya. Hal ini pun terasa saat menyeruput chai masala yang adalah sejenis teh yang telah ditambah dengan bumbu masala. Ternyata rasa minuman ini memiliki kemiripan dengan bumbu khas Arab, termasuk aromanya, hanya saja mungkin dalam versi toned-down. Sementara untuk daging-dagingannya, rasanya cenderung serupa dengan olahan daging yang pernah kusantap di sebuah restoran yang menghidangkan masakan khas Turki disini

Salah satu kelebihan dari MKR Special Nasi Plater 5 Rasa Daging Bakar dari Mavo Khan Restaurant ini adalah porsinya yang besar. Apalagi dengan lauk berupa lima jenis daging, yang beberapa diantaranya adalah potongan ayam yang biasanya diberikan dalam satu porsi hidangan lain. Karena itu usahakan menikmati sajian nasi Pakistan ini dengan perut kosong agar bisa langsung habis sekali makan.

Jadi apa kesimpulan dari kulineran di Mavo Khan Restaurant yang berlokasi di Ampel, yang juga terkenal sebagai lokasi wisata religi di Surabaya?

Secara rasa, mungkin sudah familiar karena mirip dengan masakan Arab. Enak sih dan mungkin chai masalanya juga bisa jadi pengalaman baru dalam menikmati teh setelah sebelumnya ada teh tarik dan milktea. Sayangnya untuk menu MKR Special Nasi Plater 5 Rasa Daging Bakar yang kupesan kali ini harganya bisa dibilang lumayan mahal jadi kalau berniat traktir orang harus dipersiapkan dengan matang. Tapi secara umum semuanya terasa cukup memuaskan jadi aku merekomendasikan bagi siapa saja yang ingin mencoba makanan dari Asia Selatan untuk mampir kesini.

Apa akan datang lagi ke Mavo Khan Restaurant di Ampel, Surabaya?

Bisa saja di masa depan kalau suatu saat kebetulan sedang di Ampel dan kepingin menikmati masakan ala Arab tapi dalam versi yang lebih ringan. Juga, ada banyak makanan lain dari Pakistan yang belum aku coba di MKR jadi mungkin akan datang lagi dan mencicipi lebih banyak variasi hidangan. 

So, buat yang ingin tahu seperti apa sensasi makan hidangan khas negara muslim Pakistan yang bertetangga dengan India, silakan mampir, ya. Mungkin saja kan bisa mendapatkan pengalaman wisata kuliner yang tak biasa dan memorable? 


Posting Komentar

0 Komentar