Review Nasi Kebuli Doner Kebab : Perpaduan Cita Rasa Turki dan Arab, Bisa Pas Gitu?


Nama Restoran : Doner Kebab 

Lokasi : Doner Kebab Galaxy Mall Lt.3 dan Doner Kebab Ciputra World Lt.3, Surabaya

Harga : Rp. 38.182 (Paket Lamb Nasi Kebuli) dan Rp. 27.273 (Chicken Nasi Kebuli ala carte)

Nilai : 3,5 / 5

Recommended : Yes

Come again : Yes



Doner Kebab adalah sebuah restoran yang menjual beranekaragam makanan baik dari dalam maupun luar negeri seperti ayam geprek spesialisasi Indonesia, roti pita dari Timur Tengah, kebab khas Turki, sampai fried chicken ala Barat, dengan harga yang pas untuk kantong middle class. Cabangnya sudah tersebar di berbagai mall di kota-kota besar di Indonesia sehingga mudah dijumpai kemanapun kita pergi.

Kali ini aku ingin melakukan review Nasi Kebuli Doner Kebab yang adalah salah satu menu di restoran fastfood ini. Makanan khas Arab tersebut disajikan dengan potongan daging ala Turki yang umumnya ada di kebab yang biasa dijual di Indonesia. Nah, seperti apa ya perpaduan dua makanan khas dari dua kawasan yang berbeda ini?

Saat sedang di Galaxy Mall, aku pun mencoba paket Lamb Nasi Kebuli Doner Kebab dimana kita bisa dapat iced tea juga dalam satu set meal yang disajikan. Karena letaknya di food court, juga minim meja dan kursi di outlet Doner Kebab sini, maka aku pun memutuskan untuk makan di area food court-nya, tepatnya di dekat air mancur, setelah mendapatkan makananku yang cepat sekali disajikan. 

Ini dia tampilan makanannya:

Terdiri dari nasi kebuli, satu buah onion ring, satu buah roti pita, irisan domba, salad sayur plus mayones, dan juga satu gelas iced Lemon Tea.

Ini dia zoom-in Lamb Nasi Kebuli Doner Kebab :

Setelah disantap, bagaimana review Nasi Kebuli Doner Kebab varian Lamb Nasi Kebuli ?

Menurutku perpaduan dua masakan khas Arab dan Turki ini menghasilkan citarasa yang lezat, dengan takaran bumbu yang pas, dan bisa menyatu dengan sangat baik. Nasi kebuli yang gurih dengan bumbu ala Arabnya bisa cocok dimakan bersama potongan daging khas kebab Turki yang biasanya disantap dalam roti pita dengan tambahan tomat, daun selada, dan mayones. Nasi kebuli yang disajikan juga terasa cukup otentik alias sama dengan yang biasa aku makan di kondangan-kondangan orang Arab. Potongan daging kebab yang menjadi padanannya pun terasa pas sekali dan salad juga roti pitanya juga mantap termasuk es tehnya. Sayang onion ringnya terkesan melempem dan kurang krispi, mungkin karena sudah lama digoreng atau bagaimana.

Untuk kunjungan kedua, aku yang sedang berada di mall Ciputra World memutuskan untuk mencoba varian berbeda dari Nasi Kebuli Doner Kebab yaitu Chicken Nasi Kebuli alias nasi kebuli ayam. Kali ini aku pesan ala carte dengan minuman berupa Guriin dari Cincau Station seharga Rp.8000. 

Karena letaknya di area food court, jadi pihak Doner Kebab tidak menyediakan meja dan kursi sendiri dan para customer bisa makan di meja dan kursi yang sudah disediakan pihak mall. Tapi food court-nya cukup bersih dengan interior yang bagus, jadi lumayan nyaman selama makan di sana.

Setelah menunggu selama belasan menit, akhirnya pesananku bisa diambil juga. Ini dia tampilannya untuk pesanan kali ini:

Terdiri dari nasi kebuli, dua buah onion ring, satu buah roti pita, irisan ayam, salad sayur plus mayones, dan juga satu gelas Guriin dingin.

Ini dia zoom-in Chicken Nasi Kebuli Doner Kebab :

Setelah disantap, bagaimana review Nasi Kebuli Doner Kebab varian Chicken Nasi Kebuli ?

Rasa nasi kebuli dari varian Chicken Nasi Kebuli Doner Kebab masih sama saat pertama aku menyantapnya yaitu savory dengan aroma Arab yang khas. Lalu potongan ayam yang dihidangkan bersama nasi kebuli juga bisa melengkapi dengan cukup sempurna tanpa overpowering atau saling bertabrakan. Untuk salad dan roti pita juga tak ada perbedaan yang signifikan, begitu juga onion ring-nya yang masih tetap kurang kriuk, entah kenapa. Dan kali ini aku dapatnya dua, bukan cuman satu seperti sebelumnya, mungkin bonus 😬

Untuk Guriin dari Cincau Station, ini adalah sejenis matcha latte yaitu susu yang dicampur dengan teh hijau ala Jepang. Rasanya cukup mirip dengan matcha latte yang lebih mahal meski dengan harga yang murah meriah. Enak dan dingin, pas untuk teman makan nasi kebuli.

Jadi apa kesimpulan dari review Nasi Kebuli Doner Kebab terutama varian Lamb Nasi Kebuli dan Chicken Nasi Kebuli?

Menurutku keduanya enak dengan harga yang masih reasonable. Sajian dari dua wilayah yang berbeda, Turki dan Arab, ternyata bisa disantap bersamaan dengan sensasi rasa yang begitu harmonis sehingga menghasilkan citarasa yang menggoyang lidah. Kalau onion ringnya bisa dibikin lebih krispi lagi, mungkin lebih baik. 

Karena itu aku merekomendasikan Nasi Kebuli dari Doner Kebab kepada siapapun yang kebetulan sedang ingin menikmati sajian Timur Tengah di area foodcourt mall-mall se-Indonesia. Biasanya sih jarang ada makanan Arab di sana so Doner Kebab bisa jadi salah satu representasi terbaik untuk mencicipi berbagai makanan lezat dari kawasan tersebut.

Apa akan datang lagi ke Doner Kebab?

Tentu saja, karena makanan di sini bervariasi sekali dari berbagai negara, jadi seperti all-you-can-buy tanpa harus kemana-mana. Juga harganya masih pas di kantong jadi nggak bikin dahi berkerut saat melakukan proses pembayaran. Outletnya juga ada dimana-mana jadi mudah ditemukan.

So, ada yang sudah pernah nyobain makan di Doner Kebab, belum? Bisa banget loh berbagi pengalamannya di komen komentar, siapa tahu bisa jadi referensi bagi yang lain 😁


Baca Juga:

Review Mavo Khan Restaurant  :  Tawarkan Sajian Otentik Pakistan di Ampel Surabaya, Ternyata Begini Rasanya!

Review Emados Shawarma : Ada Muslim Palestina Dibalik Kelezatan Hidangan ala Timur Tengah Di sini!

Review Ladeed Deli : Kafe Unik di Jalan Tunjungan Surabaya, Padukan Kuliner Turki, Arab dan Meksiko!

Posting Komentar

0 Komentar