Soto dengan Bumbu Kacang dan Kikil yang Hanya Ada di Sumenep

Nama Makanan : Soto Sumenep
Lokasi : seluruh wilayah Kabupaten Sumenep
Harga : Sekitar Rp. 10.000
Nilai : 4 / 5
Recommended : Yes
Purchase again : Yes

Setiap daerah memiliki variasi sotonya masing-masing, demikian pula dengan kabupaten Sumenep yang terletak di ujung Pulau Garam. Berbeda dengan Soto Madura yang sangat terkenal itu, Soto Sumenep berbumbu kacang dengan topping yang mungkin kurang familiar bagi yang berasal dari luar daerah, seperti ketela rebus, kikil, kecambah goreng, dan yang lainnya.
Dijual dengan harga sekitar sepuluh ribu saja, kuliner khas kota Sumenep ini dilengkapi dengan lontong dan juga bihun. Lontongnya biasanya terletak di bagian paling bawah, disusul oleh bihun, dan selanjutnya ditambahi berbagai macam topping. Lalu bumbu kacang akan diletakkan di bagian paling atas yang pada akhirnya disiram oleh kuah kaldu.
Rasanya...?
Maknyus! 👍👍👍
Soto ini terasa gurih dengan perpaduan bumbu kacang dan kuah kaldu yang pas. Kecambah gorengnya yang kriuk kriuk menambahkan tekstur untuk mengimbangi lontong. Bihunnya mempertegas bahwa ini adalah soto, didukung oleh kikil yang makin memperlezat masakan ini secara keseluruhan. Ketela rebus turut memperkaya citarasanya meskipun aku lebih suka mengecualikan yang satu ini, tanpa mengurangi rasa hormat pada para pecinta ketela di luar sana.
Kesimpulan dari review Soto Sumenep kali ini adalah hidangan tradisional tersebut adalah a must have jika berkunjung ke Kota Keris ini. Harganya yang ramah di kantong, keunikannya yang mungkin tidak dijumpai di tempat lain dan kelezatannya yang menggoyang lidah merupakan hal-hal yang pasti tidak ingin dilewatkan kalau kebetulan sedang bertandang kesini. Pokoknya jangan ngaku pernah ke Sumenep deh kalau belum coba sotonya! 😉 Semoga review Soto Sumenep ini bisa membantu, ya, terutama bagi yang berminat bertraveling ke kota kecil yang asri ini 🙂

Baca Juga:

Posting Komentar

0 Komentar