Manisnya Lopes, Ketan Siram Gula Merah Ala Sumenep!

Nama Makanan : Lopes
Lokasi pembelian : seluruh wilayah Kabupaten Sumenep
Harga : Sekitar Rp. 6000
Nilai : 3 / 5
Recommended : Yes
Purchase again : Yes

Masih dari kota Keris Sumenep, aku menjumpai penganan unik lain bernama Lopes. Mungkin nama ini belum seterkenal Sate Madura, tapi soal kelezatannya, mungkin bisa diadu.
Lopes adalah semacam kue ketan yag ditaburi parutan kelapa dan disirami saus yang terbuat dari gula merah. Dengan harga yang cukup terjangkau, bagaimana kira-kira review Lopes?
Sesuai dengan bahan dasar dari sausnya, Lopes ini sangat manis. Jauh lebih manis dari Pattola yang sausnya juga terbuat dari gula merah. Bedanya, pada Pattola, sausnya masih dicampur dengan santan cair sementara pada Lopes, sausnya pure gula merah sehingga tidak ada penyeimbang rasa. Kelapa pada Lopes dapat dijumpai dalam bentuk parutan sehingga tidak banyak membantu dalam menetralisir tingkat kemanisannya.
Untuk penderita diabetes, Lopes mungkin sebaiknya dihindari namun dessert yang biasanya disajikan di atas daun pisang ini bisa jadi sumber energi bagi mereka yang sedang butuh asupan tenaga. Satu porsi Lopes yang terdiri dari beberapa kue ketan ini cukup membikin kenyang dalam satu waktu makan meski tidak mengkonsumsi karbohidrat utama lain seperti nasi atau mie.
So, menilik lagi dari review Lopes di atas, biarpun manisnya kebangetan, tapi aku masih merekomendasikan Lopes sebagai dessert yang mesti dicicipi jika kalian memiliki kadar gula yang normal. Sebab ketan berpadu dengan gula merah dapat memanjakan lidah para pencinta makanan manis dan kalau sudah begitu, siap-siap saja untuk beli beberapa bungkus ekstra agar kelezatan ini bisa dibawa sampai ke rumah! 😉

Baca Juga:

Posting Komentar

0 Komentar