Oleh-Oleh dari PRJ 2019: Bir Pletok ala Betawi

Nama Minuman : Bir Pletok Bp. Satibi
Lokasi pembelian: PRJ (Pekan Raya Jakarta) 2019
Harga : Rp.15.000
Nilai : 3 / 5
Recommended : Yes
Purchase again : No

Saat jalan-jalan di PRJ 2019, tanpa sengaja aku melihat bir pletok nangkring manis di salah satu stan yang termasuk dalam area khusus yang memamerkan kebudayaan Betawi. Kebetulan minuman lokal Jakarta ini belum pernah aku cicipi meski sudah pernah mencoba soto Betawi dan ragam kuliner khas DKI lainnya. Saat ditanyakan pada penjualnya, ternyata harganya pun masih bersahabat jadi sekalian ada di depan mata, aku pun mencoba membelinya.
Bagaimana review Bir Pletok Bp. Satibi ini?
Mengharapkan mendapatkan rasa yang belum pernah dicoba sebelumnya, ternyata tanpa sengaja bir pletok ini sudah pernah aku nikmati dalam bentuk lain. Di keluargaku, "bir pletok" ini biasanya menjadi kuah dari suatu makanan penutup dan disajikan bersama pisang rebus yang kemudian dinamakan "sale pisang". Biasanya dessert ini disajikan saat bulan puasa.
Seperti kuah yang biasa aku temui di sale pisang, bir pletok yang 100 persen halal ini memberikan sensasi kehangatan karena di dalamnya ada jahe yang cukup strong, meskipun juga sedikit pahit, mungkin dari palanya. Namun hasil dari review Bir Pletok Bp. Satibi secara keseluruhan adalah menyegarkan dan juga berkhasiat karena kaya akan rempah. Menurutku, bir pletok cocok dikonsumsi saat hujan, lembur, atau dalam kondisi sakit yang butuh pemulihan karena memberikan rasa hangat yang nyaman di dalam tubuh.
Meskipun ragu untuk membeli kembali (karena terbiasa menikmatinya bersama pisang rebus), namun aku merekomendasikan bir pletok untuk mereka yang ingin mencoba kulineran di Jakarta. Selain enak, rempah-rempah yang berlimpah di dalam minuman ini juga dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan. Coba saja! 😉


Baca Juga:

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Nice pak, kalau dari komposisi, ekspektasi saya langsung melompat ke Wedhang Uwuh, Jogjakarta.

    Salam kenal dan salam hangat.

    BalasHapus